RANGKAIAN PERAYAAN HARI RAYA NYEPI DESA SANGGALANGIT

Putu Sayuni 21 Maret 2023 21:17:34 WITA

Sanggalangit info : 

Nyepi merupakan hari raya bagi umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru Saka, yang jatuh pada Tilem Kesanga ( IX ) . Nyepi berasal dari kata sepi ( sunyi, senyap ). Tujuan hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit ( Alam Manusia ) dan Bhuana Agung ( Alam Semesta ) . Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan oleh umat Hindu, khusunya di Desa Sanggalangit. Adapun rangkaian Hari Raya Nyepi di Desa Sanggalangit adalah sebagai berikut :

  1. Upacara Melasti / Mekiyis / Melis  dilaksanakan pada Senin, 20 Maret 2023 yang diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Sanggalangit. Upacara tersebut diawali dengan berkumpul di Pura Desa Sanggalangit, dan segala sarana persembahyangan diarak ke pantai Desa Sanggalangit.
  2. Mecaru di Kantor Perbekel Sanggalangit, upacara Mecaru dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2023, upacara tersebut dipuput oleh Jro. Mangku I Made Mustika. Upacara mecaru dihadiri oleh Perbekel Desa Sanggalangit, I Nyoman Sudika, Ketua LPD Sanggalangit dan staff, dan para Perangkat Desa Sanggalangit. 
  3. Pengerupukan, dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2023 , pada saat upacara Pengerupukan, STT Desa Sanggalangit Mengarak Ogoh - ogoh keliling Desa Sanggalangit. Upacara Pengerupukan berlangsung meriah dengan semangat membara dari Truna Truni Desa Sanggalangit. 
  4. Puncak Acara Nyepi, 22 Maret 2023 ( Pinanggal pisan, sasih Kadasa ) 

Perbekel Sanggalangit menghimbau, agar masyarakat Desa Sanggalangit dapan melaksanakan Hari Raya Nyepi sesuai dengan Catur Brata Penyepian, tidak membuat keributan dan tetap menjaga suasana yang kondusif. 

 

 

 

Dokumen Lampiran : Dokumentasi Rangkaian Perayaan Nyepi


Komentar atas RANGKAIAN PERAYAAN HARI RAYA NYEPI DESA SANGGALANGIT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SANGGALANGIT

tampilkan dalam peta lebih besar